Ternyata, Lebih Dari Separuh Wanita Terkaya Dunia Berasal dari Cina

Ternyata, Lebih Dari Separuh Wanita Terkaya Dunia Berasal dari Cina
REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Raja talkshow Oprah Winfrey dan penulis buku JK Rowling mungkin hanya dua dari sederet perempuan dengan label "terkaya" di dunia. Namun tahukah Anda, separuh dari wanita terkaya dunia ada di Cina?
Tiga posisi teratas diduduki tiga wanita Cina, yaitu antara lain ratu kertas daur ulang Cina, Zhang Yin, yang memiliki kekayaan pribadi 5,6 miliar dolar AS. Laporan lembaga survei Hurun yang berbasis di Shanghai -- yang mengumpulkan data tentang orang-orang kaya dunia -- menyebut dari 20 miliarder terkaya perempuan atas upaya mereka sendiri, 11 orang berasal dari  Cina dengan kekayaan rata-rata 2,6 miliardolar AS. Ratu talkshow Oprah Winfrey dalam daftar ini menempati peringkat kesembilan dengan dolar kekayaan 2,3 miliar dolar AS.
JK Rowling, penulis buku-buku populer Harry Potter, berada di bagian bawah daftar, dengan kekayaan 1 miliar dolar AS. "Tidak ada negara lain yang datang bahkan mendekati jumlah perempuan terkaya selain Cina," kata Rupert Hoogewerf, pendiri dan penyusun daftar itu.
Daftar ini mencakup tiga miliarder dari Amerika Serikat, tiga dari Inggris, dan masing-masing dari Italia, Rusia dan Spanyol. Orang non-Cina terkaya dalam daftar adalah Rosalia Mera dari toko pakaian Zara Spanyol dengan total kekayaan  3,5 miliar dolar AS.
Menurut Hoogewerf, penerimaan panjang Cina atas perempuan yang bekerja di luar rumah telah menjadi faktor yang signifikan dalam keberhasilan mereka.

Poskan Komentar