8 Pembunuhan Tokoh Politik yang Mengguncang Dunia pada Abad 21

Dalam politik apapun mungkin, termasuk terbunuh/dibunuh bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Berikut adalah daftar 8 tokoh politik yang terbunuh pada abad 21.

1. John F. Kennedy

Foto: Wikipedia
Pembunuhan John F. Kennedy, presiden ke-35 Amerika Serikat, terjadi pada hari Jumat, 22 November 1963 di Dallas, Texas pada pukul 12:30 Central Standard Time (18:30 UTC). Kennedy tewas akibat ditembak ketika berada di mobil bersama istrinya Jacqueline Bouvier Kennedy.

2. Martin Luther King Jr.

Foto; Wikipedia
Martin Luther King, Jr, seorang pemimpin terkemuka Hak-hak Sipil di Amerika, dibunuh di Motel Lorraine di Memphis, Tennessee , pada tanggal 4 April 1968, pada usia 39 tahun. Pada tanggal 10 Juni 1968, James Earl Ray, seorang buronan dari Pemasyarakatan Negara Bagian Missouri , ditangkap di Bandara Heathrow, London dan diekstradisi ke Amerika Serikat, dan didakwa atas kejahatannya. Pada tanggal 10 Maret 1969, Ray menyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 99 tahun penjara di Tennessee.

3. Robert F. Kennedy

Foto: Wikipedia
Pembunuhan Robert F. Kennedy, seorang Senator Amerika Serikat dan Presiden John F. Kennedy, terjadi tak lama setelah tengah malam pada tanggal 5 Juni 1968 di Los Angeles, California. Setelah memenangkan pemilihan California utama untuk nominasi Demokrat untuk Presiden Amerika Serikat, Robert F. Kennedy tertembak saat ia berjalan melalui dapur Hotel Ambassador dan meninggal di Rumah Sakit Good Samaritan 26 jam kemudian.

4. Anwar Sadat

Foto; Wikipedia
Mohammed Anwar Al Sadat menjabat sebagai Presiden ketiga Mesir. Oleh dunia Barat ia dianggap sebagai orang yang sangat berpengaruh di Mesir dan di Timur Tengah dalam sejarah modern. Pada tahun 1977, Anwar Sadat mengadakan kunjungan ke Jerusalem atas undangan Perdana Menteri Israel, Menachem Begin yang merupakan awal perundingan perdamaian antara Israel dan Mesir. Pada tahun 1978, terciptalah Perjanjian Damai Camp David, yang mana Anwar Sadat dan Menachem Begin menerima Hadiah Nobel Perdamaian. Bagaimanapun tindakan ini ditentang hebat oleh dunia Arab. Banyak yang percaya bahwa hanya dengan ancaman militer dapat memaksa Israel berunding mengenai Palestina, dan Perjanjian Damai Camp David menepikan Mesir yang dianggap kekuatan militer di dunia Arab yang signifikan disamping Syria dan Irak pada saat itu.Pada September 1981, Anwar Sadat mengenakan tindakan represif kepada organisasi pergerakan Islam yang diaggapnya fundamentalis, termasuk kumpulan pelajar, dan organisasi Koptik, yang dianggapnya dapat mengganggu stabilitas nasional Mesir, dengan mengadakan tindakan penangkapan dan penahanan menyebabkan dia dikecam diseluruh dunia diatas pelanggaran HAM dalam tindakannya itu.

5. Benigno Aquino Jr

Foto: Wikipedia
Pembunuhan Benigno Aquino Jr pada 21 Agustus 1983 mengejutkan tidak hanya negara Filipina tetapi seluruh dunia dan membangunkan seluruh bangsa Filipina, dengan serangkaian protes, demonstrasi, pawai dan demonstrasi di seluruh Filipina 1983-1985. Benigno S. Aquino, Jr, pemimpin partai oposisi Lakas ng Bayan (Laban) dan kritikus serta musuh politik Presiden Ferdinand E. Marcos, ditembak dengan satu peluru yang ditembakkan ke bagian belakang kepalanya saat turun dari pesawat China Airlines di Bandara Internasional Manila. Rolando Galman, tersangka pembunuh, berhasil dibunuh oleh Komando Keamanan Penerbangan (AVSECOM), lembaga yang ditugaskan untuk mengawal Ninoy. Pemerintah Filipina awalnya menyalahkan pembunuhan pada pihak Komunis dan segera menghentikan hak pendaratan China Airlines. Presiden Marcos memerintahkan pembentukan Komisi Fernando untuk menyelidiki tentang pembunuhan Aquino. Namun, rakyat Filipina menuntut agar sebuah komisi independen yang harus melakukan penyelidikan, sehingga Dewan Pencari Fakta Agrava dibentuk. Pada tanggal 24 Oktober 1984, Dewan menyimpulkan bahwa ada konspirasi militer di balik pembunuhan dan mengimplikasikan keterlibatan Kepala Staf Jenderal Fabian Ver.
Para perwira dari militer, dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman seumur hidup di Penjara National Bilibid . Mereka baru mengajukan banding untuk hukuman agar mereka berkurang setelah 22 tahun, dan mengklaim pembunuhan itu diperintahkan oleh kroni Marcos dan mitra bisnis (dan sepupu Corazon Aquino yang terasing), Eduardo Cojuangco Jr.

6. Yitzhak Rabin

Foto: Wikipedia
Yitzhak Rabin adalah seorang politikus dan jenderal Israel. Rabin adalah Perdana Menteri kelima Israel pada 1974 – 1977 dan menjabat kembali pada 1992 hingga ia terbunuh pada 1995 oleh Yigal Amir, seorang aktivis sayap kanan yang tidak mendukung kebijakan mengenai Perjanjian Oslo. Rabin adalah perdana menteri Israel pertama yang dilahirkan di Israel, satu-satunya perdana menteri Israel yang terbunuh dan orang kedua yang meninggal dalam jabatannya setelah Levi Eshkol.Pada tanggal 4 November 1995 (12 Heshvan di Kalender Ibrani), Rabin dibunuh oleh Yigal Amir, seorang sayap kanan radikal Yahudi Ortodoks yang menentang penandatanganan Kesepakatan Oslo. Penembakan itu terjadi di malam hari ketika Rabin meninggalkan sebuah pidato umum di Tel Aviv untuk mendukung proses Oslo. Rabin dilarikan ke Rumah Sakit Ichilov, di mana ia meninggal di meja operasi karena kehilangan darah dan paru-paru bocor. Amir langsung ditangkap oleh pengawal Rabin. Setelah rapat kabinet darurat, menteri luar negeri Israel, Shimon Peres, diangkat sebagai penjabat perdana menteri Israel.Pembunuhan Rabin datang sebagai kejutan besar bagi masyarakat Israel dan banyak dari seluruh dunia. Ratusan ribu warga Israel memadati alun-alun tempat Rabin dibunuh untuk meratap kematiannya. Kaum muda, khususnya, ternyata dalam jumlah besar, menyalakan lilin peringatan dan menyanyikan lagu-lagu perdamaian.Pemakaman Rabin itu dihadiri oleh banyak pemimpin dunia, di antaranya Presiden AS Bill Clinton, Presiden Mesir Hosni Mubarak dan Raja Hussein dari Yordania.

7. Rafic Hariri

Foto: Wikipedia
Rafik Baha El Deen Al-Hariri adalah seorang taipan bisnis dan Perdana Menteri Lebanon 1992-1998 dan kemudian dari tahun 2000 sampai pengunduran dirinya, 20 Oktober 2004. Ia mengepalai lima kabinet selama masa jabatannya. Hariri menidominasi kehidupan politik dan bisnis negara pasca-perang dan secara luas dikaitkan dengan rekonstruksi Beirut setelah perang saudara 15-tahun.Hariri dibunuh pada 14 Februari 2005 ketika bahan peledak setara dengan sekitar 1000 kg TNT diledakkan pada iring-iringannya yang melaju melewati HotelSt George di ibukota Libanon, Beirut. Penyelidikan, oleh Pengadilan Khusus untuk Lebanon, untuk menyelediki pembunuhan masih berlangsung dan saat ini dipimpin oleh penyidik independen Daniel Bellemare. Dalamdua laporan pertama, UNIIIC mengindikasikan bahwa pemerintah Suriah mungkin berhubungan dengan pembunuhan itu.
Pembunuhan Hariri memicu perubahan politik besar di Lebanon, termasuk Revolusi Cedar dan penarikan pasukan Suriah dari Lebanon.

8. Benazir Bhuto

Foto: Wikipedia
Pembunuhan terhadap Benazir Bhutto terjadi pada tanggal 27 Desember 2007 di Rawalpindi, Pakistan. Bhutto, yang dua kali menjabat Perdana Menteri Pakistan (1988-1990, 1993-1996) dan kemudian-pemimpin oposisi Partai Rakyat Pakistan, telah berkampanye menjelang pemilihan yang berakhir pada Januari 2008. Dia ditembak setelah rally politik di Liaquat National Bagh , sebuah bom bunuh diri meledak segera setelah penembakan. Dia dinyatakan meninggal pada 18:16 waktu setempat (13:16 UTC), di Rumah Sakit Umum Rawalpindi. 24 orang lainnya tewas akibat pemboman itu. Meskipun laporan awal menunjukkan bahwa dia telah terkena pecahan peluru atau tembakan, Kementerian Dalam Negeri Pakistan pada awalnya menyatakan bahwa Bhutto meninggal karena patah tulang tengkorak berkelanjutan ketika kekuatan ledakan menyebabkan kepalanya terbentur sunroof kendaraan.Ajudan Bhutto menolak versi ini, dan berpendapat sebaliknya bahwa dia menderita dua tembakan sebelum bom meledak.Namun, penyelidikan lanjutan oleh Scotland Yard menemukan bahwa tembakan bukan penyebab kematian, sama dengan penilaian awal Kementerian Dalam Negeri bahwa ledakan membuat kepalanya terbentur ke atap kendaraan.

Sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?p=348310786 

Berita Terkait

Poskan Komentar