Cara Aman Pakai Obat Nyamuk Bakar



Obat pengusir nyamuk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah obat nyamuk bakar. Namun obat nyamuk bakar seringkali menyebabkan sesak napas dan mata perih. Tapi ada cara aman menggunakannya.

"Masyarakat menengah ke bawah paling banyak pakai anti nyamuk bakar karena harganya terjangkau. Tapi harus juga diperhatikan cara menggunakannya, jangan sampai malah mengganggu pernapasan," jelas Dr Rita Kusriastuti, MSc, Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Dit P2B2), Ditjen PP dan PL Kemenkes, dalam acara konferensi pers Kampanye Nasional Rumahku Bebas Nyamuk Maksimal, Mampang, Jakarta, Senin (31/1/2011).

Cara aman untuk menggunakan obat nyamuk bakar adalah:

  1. Ruangan harus ada ventilasi sehingga sirkulasi udara cukup
  2. Diletakkan di bawah tempat tidur karena targetnya adalah nyamuk bukan manusia penggunanya
  3. Diletakkan searah dengan aliran udara sehingga tidak mengganggu pernapasan
  4. Letakkan obat nyamuk bakar dengan jarak paling dekat 1,5 meter dari manusia.
  5. Bila memiliki gangguan asma, maka sebaiknya gunakan obat nyamuk bakar pada sore hari sebelum masuk kamar. Dan keluarkan ketika Anda akan tidur sehingga tidak mengganggu pernapasan.

Meski hanya serangga kecil, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk seperti Demam Berdarah dan Malaria sudah membunuh banyak nyawa di seluruh dunia. Menggunakan anti nyamuk adalah salah satu solusi untuk mencegah gigitan nyamuk.

Penempatan obat nyamuk harus diperhatikan supaya dapat efektif mengusir nyamuk, serta yang terpenting tidak mengganggu kesehatan penggunanya.


Sumber:http://health.detik.com/read/2011/01/31/180718/1557487/766/cara-aman-pakai-obat-nyamuk-bakar?l991101755

Berita Terkait

Posting Komentar