Metro Upaya Tilang Pengemudi Pakai HP Ditingkatkan

Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya terus melakukan penindakan terhadap pengemudi mobil yang berkendaraan sambil menggunakan telepon genggam. Setelah memberikan banyak toleransi, kini petugas akan melakukan tindakan tilang.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Royke Lumowa mengakui, dalam Operasi Zebra, setiap hari ada dua pengendara yang ditilang karena menggunakan telepon genggam saat mengemudi.

Penindakan tegas terpaksa dilakukan karena berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan menilik pada tingginya tingkat kecelakaan, penindakan secara tegas dalam bentuk penilangan akan dilakukan lebih intensif.

"Banyak pengendara baik mobil ataupun roda dua yang melakukan aktifitas dengan telepon genggam seperti BBM, SMS, dan telepon saat berkendaraan," ujarnya, Rabu 1 Desember 2010.

Tentunya, tambah dia, dengan adanya Operasi Zebra 2010 ini menjadi titik tolak bagi petugas untuk tidak lagi melakukan teguran terhadap pengemudi yang masih saja menggunakan telepon genggam saat mengemudi.

Terkait Operasi Zebra yang digelar sejak tanggal 8 November dan berakhir hari ini, Ditlantas Polda Metro Jaya menindak 66.555 pengendara roda dua, 18.443 angkutan umum, 9076 kendaraan pribadi dan 4208 kendaraan angkutan barang.

Penindakan terhadap pelanggaran menerobos jalur busway sebanyak 22.241 tilangan. Pelanggaran terbanyak terjadi di koridor V dengan jumlah 8.916. Berdasarkan jenis kendaraan, pelanggaran terbanyak dilakukan pengendara motor dengan 17.335 kasus. Jumlah korban tewas akibat kecelakaan sepanjang satu bulang terakhir sebanyak 61 orang.

Sedangkan untuk jumlah pelanggaran paling banyak masih dilakukan sepeda motor yang menerobos jalur busway, yakni 14.645 kasus. Disusul dengan pelanggaran pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, sebanyak 14.533 kasus.

"Kami juga menilang anggota Polri sebanyak 10-20 orang yang menerobos jalur busway, tidak menggunakan helm serta safety belt," ujar Royke mengakhiri perbincangan

sumber : http://metro.vivanews.com/news/read/191591-upaya-tilang-pengemudi-pakai-hp-ditingkatkan

Poskan Komentar